Headline News

Oase Tarbiyah

10 Imam Ahli Qira’at dan Riwayat-riwayatnya

10 Imam Ahli Qiraat dan Riwayatnya
Sebagaimana telah kami jelaskan pada artikel sebelumnya bahwa bacaan (qiraat) al-Quran telah banyak diriwayatkan oleh para sahabat dan tabi’in sebelum kita. Untuk lebih jelasnya tentang siapa saja para sahabat dan tabi'in yang ahli dalam bacaan al-Quran bisa dilihat di sini. Mereka meriwayatkan qiraat tersebut dengan berbagai macam warna bacaan. Artinya setiap orang bisa saja berbeda-beda dalam membacanya. Namun tentunya harus sesuai dengan kaidahnya. Ahli qiraat yang terkenal dan masyhur ada tujuh macam. Namun pada kali ini akan saya sebutkan 10 macam qiraah yang diriwayatkan oleh para imam ahli qiraat.


1. Nafi’ Al Madani
Beliau adalah Abu Ruwaim Nafi’ bin ‘Abdirrahaman bin Abi Nu’aim Al Laitsiy, berasal dari Ashfahan, dan wafat di Madinah tahun 199 H. Dua orang yang meriwayatkan Qira’at darinya adalah:
a.    Qaaluun, adapun Qaaluun dia adalah ‘Isa bin Mainaa bin Wardaan bin ‘Isa bin Abd  al-Shamad. Diriwayatkan bahwa Nafi’ menjulukinya dengan julukan tersebut karena bagusnya bacaannya. Sedangkan Warasy dia adalah ‘Utsman bin Sa’id bin Al Mishri rahimahullah, memiliki nama kunyah Abu Sa’id.
b.    Warasy, adapun Warasy adalah nama julukannya. Dia dijuluki dengan julukan tersebut ada yang mengatakan karena kulitnya yang sangat putih. Dia wafat di Mesir tahun 197 H pad usia 87 tahun.
2    2. Ibnu Katsir (bukan Ibnu Katsir ahli tafsir).
Beliau adalah ‘Abdullah bin Katsir bin Umar bin Abdullah bin Zaadzaan bin Fairuuz bin Hurmuuz Al Makkiy. Dia adalah salah seorang Tabi’in, dan wafat di Makkah tahun 120 H. Dua orang yang meriwayatkan Qira’at darinya adalah: 
a.       Al-Bazzi, adapun Al Bazziyy dia adalah Ahmad bin Muhammad bin ‘Abdillah bin al-Qaasim bin Naafi’ bin Abi Bazzah. Beliau memiliki nama kunyah Abul Hasan, wafat du Makkah tahun 250 H pada usia 80 tahun.
b.    Qunbul, adapun Qunbul dia adalah Muhammad bin ‘Abdirrahman bin Muhammad bin Khalid bin Sa’id Al-Makhzumi. Beliau memiliki nama kunyah Abu ‘Amr, dan dijuluki Qunbul. Ada yang mengatakan:”Mereka adalah Ahlul Bait di Makkah yang dikenal dengan Al Qanabilah.”. Dia (Qunbul) wafat di Mekah tahun 291H pad usia 96 tahun.
3    3. Abu Amr al-Bashri
Dia adalah Yuban bin Al ‘Alaa’ bin ‘Ammar bin al-Iryaan al-Mazini at-Tamimi al-Bashri. Ada yang mengatakan bahwa namanya adalah Yahya. Dia wafat di Kufah pada tahun 154 H. Dan dua orang yang meriwayatkan Qira’at darinya adalah: 
a.    Ad-Duuriyy, adapun ad-Duuriyy dia adalah Hafsh bin ‘Amr bin ‘Abdil ‘Aziz Ad Duuriyy al-Azdi. Ad Duur adalah nama sebuah tempat di Baghdad. Dia wafat pada tahun 246 H.
b.   As-Suusiyy Sedangkan As Suusiyy adalah Shalih bin Ziyad bin ‘Abdillah bin Isma’il nin al-jaarud. As Suusiyy  wafat sekitar tahun 261 H.
4    4. Ibnu ‘Amir Asy Syaami
Dia adalah ‘Abdullah bin ‘Amir bin Yazid bin Tamim bin Rabi’ah. Dia wafat di Dimasyq tahun 128 H. Dua orang yang meriwayatkan Qira’at darinya adalah:
a.      Hisyam, Adapun Hisyam dia adalah Hisyam bin ‘Ammaar bin Nashir Al Qaadhi Ad Dimasyqi, beliau wafat di sana pada tahun 245 H.
b.  Ibnu Dzakwan Sedangkan Ibnu Dzakwan dia adalah ‘Abdullah bin Ahmad bin Basyir bin Zakwan bin Amr Al Qurasi Ad Dimasyqi, beliau diberi nama kunyah Abu ‘Amr. Beliau wafat di Dimasyq (Damaskus) tahun 242 H.
5    5. ‘Ashim Al Kuufi
Dia adalah ‘Ashim bin Abi An Najuud, Wafat di Kufah tahun 127 H. Dua orang yang meriwayatkan Qira’at darinya adalah:
a.     Syu’bah, adapun Syu’bah dia adalah Syu’bah bin iyasy bin Salim Al Kuufiyrahimahullah, wafat di Kufah pada tahun 193 H.
b.    Hafsh, dia adalah Hafsh Sulaiman bin Al Mughirah Al Bazzaz, diberi nama kunyah Abu ‘Amr, dan dia adalah orang yang tsiqah (kredibel). Ibnu Ma’in berkata:”Dia lebih menguasai qira’at dibandingkan dengan Abu Bakr”. Dia wafat tahun 180 H.
6    6. Hamzah Al Kuufi
Dia adalah Hamzah bin Habib bin ‘Imarah bin Ismail al-Kufi, beliau adalah salah satu imam qiraah as-sab’ah. Beliau wafat pada tahun 156 H di Bahlawan. Dua orang yang meriwayatkan Qira’at darinya adalah:
a.   Khalaf, adapun Khalaf dia adalah Khalaf bin Hisyam bin tsa’lab al-Asadi al-Bagdadi, diberi nama kunyah Abu Muhammad, lahir pada tahun 150 H dan wafat di Baghdad pada tahun 229 H.
b.      Khallad, dia adalah Khallad bin Khalid asy-Syaibaani ash-Shairafi Al Kuufi, diberi nama kunyah Abu ‘Isa, dan wafat di sana tahun 220 H.
7    7.  Al-Kisaa’i Al Kuufi
Dia adalah ‘Ali bin Hamzah, Imam ahli Nahwu (tata bahasa Arab) kalangan Kufiyun, diberi nama kunyah Abul Hasan. Beliau dijuluki dengan laqab al-Kissaa’i karena dia ihram memakai Kisaa’ (kain penutup Ka’bah). Beliau wafat tahun 189 H. Dua orang yang meriwayatkan Qira’at darinya adalah:
a.       Al-Laits, dia adalah al-Laits bin Khalid al-Marwazi al-Bagdadi. Beliau wafat pada tahun 240 H.
b.      Hafsh ad-Duuri dia adalah perawi (yang meriwayatkan Qira’at) dari Abi ‘Amr dan al-Kisaa’i. Penjelasannya telah kami jelaskan.
8    8.  Abu Ja’far Al Madaniy
Dia adalah Yazid bin al-Qa’qa’ al-Makhzuumi al-Madini, wafat  pada tahun 130 H. Dua orang yang meriwayatkan Qira’at darinya adalah:
a.   ‘Isa bin Wardan, adapun Wardan dia adalah ‘Isa bin Wardan al-Madini, beliau wafat di Madinah sekitar tahun 160 H.
b.  Ibnu Jammaaz dia adalah Sulaiman bin Muhammad bin Muslim bin Jammaaz al-Zuhri al- Madaniy, wafat di sana (Madinah) tidak lama setelah tahun 170 H.
9    9.  Ya’qub Al Bashriy
Dia adalah Ya’qub bin Ishaq bin Zaid bin Abdillah bin Abi Ishaq al-Hadrami al-Bashri, wafat di Bashrah pada tahun 205 H pad abulan dzulhijjah. Dua orang yang meriwayatkan Qira’at darinya adalah:
a.    Ruwais, adapun Ruwais dia adalah Muhammad bin al-Mutawakkil al-Lu’lu al-Bashri Kunyahnya adalah Abu Abdillah. Beliau wafat di Bashrah pada tahun 238 H.
b.  Rauh dia adalah Rauh bin ‘Abdil Mu’min al-Hadzli al-Bashri An-Nahwiy. Kunyahnya adalah Abul Hasan. Beliau wafat tahun 235 H.
    10. Khalaf al-‘Aasr, dia adalah Khalaf bin Hisyam al-Bazzaar al- Baghdadiy. Tahun kematiannya tidak diketahui. Dua orang yang meriwayatkan Qira’at darinya adalah:
a.   Ishaq, adapun Ishaq dia adalah Ishaq bin Ibrahim bin ’Utsman bin Abdillah al- Marwazi al-Baghdadiy. Kunyahnya adalah Abu Ya’qub, beliau wafat pada tahun 286 H.
b.    Idris dia adalah Idris bin ‘Abdil Karim al-Haddaad al-Baghdadi. Dia wafat pada tahun 292 H pada usia 93 tahun.

Sumber bacaan dlam kitab al-Ithaaf Fudholaai al-Basyar bi al-Qiraati al-Arba’ah asyr karangan  al-‘Allamah al-Syaikh Ahmad bin Muhammad al-Banna halaman 19-32.
10 Imam Ahli Qira’at dan Riwayat-riwayatnya Reviewed by Ziyad Al-Khoir on 23:51 Rating: 5

No comments:

Copyright by Writingspedia © 2010 - 2016 All Rights Reserved

Contact Form

Name

Email *

Message *

Ziyadul Muttaqin. Powered by Blogger.