Headline News

Oase Tarbiyah

Makna Sebuah Logo dan Simbol

Sebagian dari kita mungkin ada yang mengatakan “apalah arti sebuah logo” atau dalam arti yang lebih luas “apalah arti sebuah simbol”. Dalam sebuah kesempatan ketika presentasi makalah, saya iseng-iseng menyelipkan logo saya di awal presentasi . Memang saya sengaja mengganti nama saya dengan logo yang menandakan nama saya, namun berbentuk sebuah gambar logo. Dari keisengan saya tersebut ternyata ada reaksi yang kurang begitu tanggap dalam menanggapi keisengan saya. Mereka kurang begitu memahami atau bahkan terlalu faham dengan logo ataupun simbol.

Memang benar jika banyak orang yang melihat simbol adalah hal yang biasa dan tidak ada arti yang berarti. Akan tetapi mungkin juga kita tidak sadar bahwa ternyata sebuah simbol dan logo mempunyai makna dan arti tersendiri. Kita tak sadar bahwa simbol juga merupakan bentuk eksistensi dari sebuah perusahaan, instansi, organisasi, pemikiran bahkan agama sekalipun. Sampai disini sudah paham maksud saya?

Oke. Saya lanjutkan bahwa dalam membuat sebuah simbol, seseorang akan berusaha untuk merangkai arti dari visualisasi visi, misi dan pemikiran mereka. Kadang garis-garis bengkok, lurus maupun bulat-bulat akan berbeda arti. Jadi bisa saya tegaskan bahwa lagi-lagi simbol mempunyai arti yang sangat luas cakupannya. 

Simbol dan logo adalah lambang sebuah eksistensi. Iya, ini kenyataan yang empiris. Coba kita perhatikan dengan saksama bahwa logo sepatu “nike” hanyalah sebuah logo yang sangat-sangat simpel. Hanya bentuk centang. Remeh dan kecil sekali. Namun sadarkah kita bahwa simbol tersebut sudah mengendemik di benak masyarakat.Setiap sepatu yang di kasih logo tersebut adalah sepatu yang berkualitas internasional. Kualitas bagus dan bermerek.  Logo tersebut telah mempengaruhi pikiran masyarakat sehingga menjadi semacam pseudo eksistensi dalam realitas empirik.

Apabila kita perhatikan lebih luas, kadang simbol dan logo mempunyai sebuah identitas dan idealisme yang sangat dalam. Sebuah contohnya adalah dua kain merah dan putih yang dijahit secara teratur. Jika kita berani menginjak-injak dua kain warna tersebut di depan istana merdeka niscaya kita akan dianggap melecehkan bahkan menghina eksistensi sebuah negara.

Jadi simbol dan logo merupakan bentuk dan perwujudan lain dari sebuah visualisasi visi dan misi dalam renah realitas empirik. Untuk itu kita harus menyikapi sebuah simbol dan logo dalam ranah hakikatnya. Penyikapan tersebut karena simbol dan logo tersebut keduanya mempunyai pengaruh yang lebih daripada hanya sebuah nama.


Makna Sebuah Logo dan Simbol Reviewed by Ziyad Al-Khoir on 23:09 Rating: 5

7 comments:

  1. setujuu mas broo... sperti logo pada blogg aja mempunyai makna tersendiri... hehehe salaM kenal, salam blogger

    ReplyDelete
  2. Makasih mas Maftuhi,
    Untuk Mas Ferdon begitulah kira-kira

    ReplyDelete
  3. keren logonya masbro, gmna bikinnya tuh?

    ReplyDelete
  4. makasih, gampang saja kok buatnya. Saya pakai corel draw x5. kalau kamu bisa corel draw pasti bisa kok. Atau pake aplikasi grafik yang lain yang lebih sizanya kecil juga bisa. yang penting kreatif aja. hehe

    ReplyDelete

Copyright by Writingspedia © 2010 - 2016 All Rights Reserved

Contact Form

Name

Email *

Message *

Ziyadul Muttaqin. Powered by Blogger.