Headline News

Oase Tarbiyah

Tips Meningkatkan dan Menjaga Konsentrasi

Meningkatkan Konsentrasi
Oke sobat Langkah Berdebu. Hal terpenting dalam proses belajar adalah konsentrasi belaja.. Seseorang akan mudah menangkap materi pelajaran jika ia merasa nyaman dan dapat berkonsentrasi dalam belajar. Pertanyaannya, Bagaimana cara meningkatkan konsentrasi belajar? Berikut tips-tips ringan yang dapat saya bagikan kepada anda untuk menjaga daya konsentrasi serta melatih dan meningkatkannya , yuk disimak tips-tips berikut:
  1. Disiplinlah dengan jadwal belajar dan buatlah menjadi rutinitas. Caranya, dengan membuat jadwal belajar secara teratur. Hal ini akan membuat pola belajar Anda lebih efisien.
  2. Belajar di tempat yang tenang.
  3. Pada saat jeda atau istirahat belajar, coba lakukan sesuatu yang berbeda dari yang biasa Anda lakukan. Misalnya, berjalan-jalan (jika sebelumnya Anda duduk) ke sebuah tempat yang lain, di luar lokasi belajar.
  4. Selalu ajukan pertanyaan untuk materi-materi yang telah Anda pelajari. Jangan melamun selama belajar!
  5. Sebelum perkuliahan, lihat lagi catatan sebelumnya dan baca bahan belajar selanjutnya untuk mempersiapkan segala ide atau materi yang akan disampaikan pengajar.
  6. Tunjukkan minat yang besar selama mengikuti perkuliahan atau pelajaran. Hal ini penting untuk memotivasi diri.
  7. Hindari gangguan-gangguan kecil yang bisa mengganggu konsentrasi Anda saat mengikuti perkuliahan, dengan memilih duduk di bagian depan dan jauh dari teman yang biasanya bersama Anda. Dengan demikian, Anda akan fokus mendengarkan pengajar dan mencatat apa yang disampaikannya.

Selamat mencoba!


Tips Meningkatkan dan Menjaga Konsentrasi Reviewed by Ziyad Al-Khoir on 00:49 Rating: 5

2 comments:

  1. Kebanyakan kalo sekarang sih belajar sambil ngelamun mas hehe... coba saya terapkan ni mas, thank's for share ...

    ReplyDelete

Copyright by Writingspedia © 2010 - 2016 All Rights Reserved

Contact Form

Name

Email *

Message *

Ziyadul Muttaqin. Powered by Blogger.