Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Wasiat Penting Untuk Para Guru dan Pendidik Sepanjang Masa

7 Wasiat Penting Untuk Para Guru dan Pendidik Sepanjang Masa | ziyad.web.id
Seorang guru merupakan sebuah keniscayaan dalam proses pengajaran dan pendidikan. Walaupun di era sekarang ini proses belajar tidak harus didampingi guru, namun seorang guru sangat-sangat penting dan belum bisa tergantikan walaupun dengan media seaklipun. Tanpa adanya seorang guru maka sebuah proses pendidikan akan tersendat dan macet. Begitu besarnya peran seorang guru dalam dunia pendidikan sehingga hal tersebut dijadikan sebuah titik awal proses pendidikan. Jika seorang guru baik dalam proses belajar mengajar maka murid-muridnya juga akan menjadi baik. Sehingga seorang guru dituntut selain sebagai pendidik juga sebagai teladan dalam proses perkembangan anak didiknya.
Inilah 7 wasiat untuk para guru dan pendidik dalam dunia pendidikan masa kini:
وَصَايَا لِلْمُعَلِّمِيْنَ
Wasiat untuk para pendidik
لا تأخذ إجازة مرضية وأنت غير مريض فتجمع بين معصيتين: الكذب وأكل المال الحرام ووالله إن الخصم مع تقوى الله وخشيته خير لك وأبقى
Janganlah engkau ambil cuti sakit padahal sebenarnya engkau tidak sakit, sehingga engkau menggabungkan 2 maksiat; Dusta dan Memakan harta haram. Demi Allah, berkurangnya gajimu dengan ketakwaan dan takut kepada Allah lebih baik bagimu dan lebih kekal.
اظهر احترامك لمن هم بين يديك ببيان فضلهم كطلاب للعلم فهذا سيختصر المسافة لك للوصول إلى قلوبهم
Tampakkanlah penghormatanmu kepada orang yang di hadapanmu dengan menjelaskan keutamaannya seperti siswa/siswi/santri. Hal ini bisa mendekatkan jarak untuk sampai ke hati mereka.
كل المواد الدراسية يُمكن ربطها بتعاليم ديننا .. فقط عليك البحث عن الوسيلة المناسبة
Setiap mata pelajaran bisa dikaitkan dengan norma-norma agama kita (Islam). Hanya butuh mencari sarana yang pas.
أي دقيقة تتأخر فيها عن الحصة أوتخرج فيها قبل نهاية الوقت، كل دقيقة تذهب في القهوة والفطور هي حق الطالب سيأخذها يوم الحساب
Setiap menit keterlambatanmu pada jam pelajaranmu dan keluarmu sebelum selesai jam pelajaran. Setiap menit engkau gunakan untuk “ngopi” atau sarapan, ia adalah hak siswa yang akan ia ambil (minta pertanggung-jawabannya) pada hari kiamat kelak.

كم من معلم كان سبباً في تصحيح توجه كثير من الشباب، فنال بذلك دعوات صادقة وحسنات جارية، اللهم ارزقنا التوفيق
Betapa banyak pendidik yang menjadi sebab dalam meluruskan arah kehidupan banyak pemuda, sehingga ia pun mendapatkan doa-doa tulus dan kebajikan yang terus mengalir.
الطالب يتعلم من معلمه الكثير الكثير غير المقرر الدراسي وهو يجهل ذلك، غياب المعلم عن الحصة دون أن يعرف طﻻبه السبب درس لهم، يقلدونك حين يجلسون مجلسك.

Siswa belajar banyak hal dan dari gurunya selain pelajaran sekolah tanpa ia menyadarinya. Ketidakhadiran guru dalam kelas tanpa ada sebab adalah pelajaran bagi mereka.
بين يديكِ جيل، بُث في روحه الصحوة، حبب إليه العلم وأيقظ فيه النخوة، لعل كلمة منك تُشعل في قلبه الهِمّة، فيكون صلاحاً للأمة
Di hadapanmu adalah generasi pelanjut estafet perjuangan, maka tanamkanlah dalam ruhnya semangat kebangkitan. Jadikan ia cinta dengan ilmu. Bangunkan semangatnya. Boleh jadi satu kata darimu bisa mengobarkan tekad dalam dadanya, sehingga ia menjadi kebaikan untuk ummat.

Transalate by Amardin, disempurnakan dan sedikit penambahan oleh ziyad.web.id

Post a Comment for "7 Wasiat Penting Untuk Para Guru dan Pendidik Sepanjang Masa"